Minggu, 07 Mei 2023

5 PERMAINAN YANG DAPAT TINGKATKAN IQ ANAK

5 PERMAINAN YANG DAPAT TINGKATKAN IQ ANAK

Ilustrasi. Foto: Pexel.com/Fimela.com

Selama masa pertumbuhan, anak membutuhkan banyak stimulasi untuk membantunya berkembang dengan baik. Selain perkembangan fisik, perkembangan otak juga harus diperhatikan. Kecerdasan otak tidak dilatih dengan belajar sendiri, melainkan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain.

Memainkan banyak jenis permainan bisa menjadi hiburan sekaligus pembelajaran. Dengan cara ini, anak-anak senang belajar dan menggunakan waktunya dengan bermanfaat. Jenis permainan yang diterbitkan oleh Indian Parenting  meningkatkan IQ anak.

Block Warna 

Permainan block warna. Foto: Pexel.com/Cotton bro/Fimela.com

Permainan balok sangat cocok untuk anak kecil. Permainan ini dapat mengembangkan kreativitas anak dan meningkatkan kemampuan motorik. Permainan blok sendiri berisi dasar untuk belajar matematika, sains, dan keterampilan spasial. Batu bata biasanya tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Anak-anak diajarkan untuk memilah warna, ukuran dan menyusunnya menjadi sebuah bangunan berdasarkan perhitungan sederhana.

Catur 

Permainan catur. Foto: Getty images/Fimela.com

Saat anak pandai memainkan berbagai permainan, ajari dia bermain catur. Catur sangat bermanfaat untuk anak karena bisa berlatih untuk mengatur strategi, membangun fokus pada anak, rasa percaya diri daan optimisme. Anak yang pandai catur dianggap pandai matematika dan memiliki IQ yang lebih tinggi. Selain itu, catur meningkatkan  konsentrasi dan pemikiran kritis.

Sudoku

Permainan sudoku. Foto: shutterstock/Kaspars Grinvalds/Fimela.com

Tidak hanya menyenangkan, Sudoku juga dapat mengajarkan anak untuk berimajinasi dan menyusun strategi. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak segala usia, tergantung tingkat kesulitannya. Bekerja dengan angka dapat mengasah otak Anda untuk berpikir cepat dan membuat keputusan yang cermat. Otak anak dilatih untuk berpikir dengan benar.

Petak Umpet

Permainan petak umpet. Foto: Pexel/Fimela.com

Petak umpet adalah salah satu permainan favorit anak-anak. Selain asyiknya menemukan lawan bersembunyi, menemukan tempat persembunyian  yang tepat menjadi tantangan tersendiri. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan analitis. Menemukan tempat persembunyian dapat mengajarkan anak untuk membuat keputusan yang baik.

Permainan Papan

Permainan papan. Foto: pexels.com/Ylanite/Fimela.com

Permainan seperti monopoli dan ular tangga adalah pilihan menarik lainnya. Selain meningkatkan IQ, emosi anak juga  dilatih. Saat anak mengalami kekalahan, mereka perlu bersabar dan mampu mengembangkan strategi yang lebih matang. Dengan cara ini, Anda bisa melatih berpikir kritis dan kemampuan mengatur emosi.

Ini adalah permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama anak-anak. Menghabiskan waktu  bersama bisa mempertajam pikiran. Selamat, ibu!





Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya