Kamis, 13 April 2023

7 TIPS PENTING AGAR RUMAH AMAN SAAT MUDIK

7 TIPS PENTING AGAR RUMAH AMAN SAAT MUDIK

Ilustrasi Mudik. Foto: Gajidesa.com

Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran merupakan tradisi yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama perantau yang bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga asalnya jauh dari kampung halaman. Tentunya teman-teman Fimela sudah membuat rencana perjalanan pulang.

Mungkin dia bahkan merencanakannya jauh-jauh hari. Pulang ke rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, yang sering terlintas di benak para pemudik adalah bagaimana keluar dari rumah kosong agar bisa pulang dengan selamat.Untuk memberikan ketenangan hati, pastikan rumah Anda benar-benar aman. Berikut beberapa tips Pegipega yang bisa sobat Fimela gunakan untuk menjaga keamanan rumah saat mudik lebaran, berikut tips nya :

Menutup semua akses jendela dan pintu 

Mengunci pintu rumah dan jendela. Foto: Kompas properti.com

Menutup pintu dan jendela adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan saat keluar rumah. Pintu dan jendela biasanya merupakan pintu masuk utama tempat pencuri dapat masuk. Jangan lupa untuk menutup semua pintu dan jendela di rumah Anda. Selain itu, jangan tinggalkan kunci Anda di bawah pot, permadani, atau tempat lain karena kunci di tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.

Putuskan sambungan listrik atau gas

Mencabut sambungan listrik dan gas. Foto: Validnews.com

Korsleting listrik adalah penyebab umum kebakaran rumah. Sebelum pulang, periksa dan matikan semua perangkat elektronik di rumah. Cabutlah semua kabel listrik yang akan memicu terjadi nya kebakaran dan juga lepaskan selang tabung gas untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Simpan semua barang berharga Anda di tempat yang aman dan terkunci

Menyimpan barang berharga. Foto: creaditunsplash.com/jim/fimela.com

Karena mudik biasanya memakan waktu yang cukup lama, oleh karena itu, barang berharga seperti perhiasan, dokumen penting, atau uang sebaiknya disimpan di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil di loker atau brankas.Jadi bawa kuncinya agar tidak ada yang bisa membukanya.

Matikan semua saluran air dan pembuangan

Matikan saluran air dan pembuangan. Foto: Parboaboa.com

Sesampainya di rumah, jaga kebersihan rumah juga. Hal ini untuk mencegah masuknya binatang seperti kecoa, tikus, semut, dll. Sebelum berangkat, bersihkan semua ruangan di rumah dan tutupi saluran air. Jangan lupa singkirkan semua sampah dari rumah agar tidak bau.

Jangan tunjukkan jika rumahnya kosong

Jangan tunjukkan jika rumah kosong. Foto: Grid.id

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian maling. Itulah mengapa penting untuk mengelabui orang jahat yang biasanya menyerang rumah kosong dengan beberapa gerakan sederhana.Misalnya memasang lampu yang bisa diatur kapan harus hidup dan mati (otomatis sesuai dengan settingan anda),  Selain itu, sobat Fimela juga bisa memakai sendal atau sepatu di depan rumah untuk memberikan kesan ada orang di dalam.

Laporkan ke RT dan petugas keamanan setempat

Laporan ke Rt & petugas keamanan. Foto: Istock

Beri tahu petugas keamanan resor bahwa Anda akan meninggalkan rumah untuk jangka waktu tertentu. Jadi pengawal bisa mengawasi rumah Anda setiap hari saat Anda pulang. Beri tahu juga pengelola RT setempat bahwa rumah Anda kosong. Jadi jika terjadi kesalahan, Anda dapat segera bertindak.

Memasang alarm keamanan dan CCTV sesuai kebutuhan

Memasang alarm keamanan/CCTV. Foto: Primadaily.com

Periksa dan blokir semua akses ke rumah Anda sebelum berangkat. Untuk keamanan lebih, akan lebih baik memasang alarm di dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan gembok alarm pagar. Dengan cara ini, jika seseorang masuk ke rumah Anda, alarm akan berbunyi keras, memungkinkan tetangga dan petugas keamanan untuk segera bereaksi ketika mereka mendengar suara alarm.

Kamera keamanan atau CCTV merupakan alternatif terbaik saat ingin keluar rumah lebih santai, apalagi saat bepergian dalam waktu yang lama.Kamera CCTV ini memungkinkan kita memantau kesehatan dan kondisi rumah dari jarak jauh kapanpun dan dimanapun. Pasang kamera CCTV di area yang memungkinkan akses tinggi ke rumah Anda, seperti Halaman, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tamu, pintu keluar halaman.

Itu dia beberapa tips penting yang perlu diingat dan diikuti saat meninggalkan rumah untuk perjalanan mudik Idul Fitri.







Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya