Jumat, 03 Maret 2023

YUK PERSIAPKAN DIRIMU DI BULAN PENUH BERKAH!

 YUK PERSIAPKAN DIRIMU DI BULAN PENUH BERKAH!

Persiapan untuk menyambut bulan ramadhan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Khususnya pada masa puasa Ramadhan, dimana bulan suci ini disebut sebagai bulan ampunan. Ini adalah waktu khusus bagi umat Islam untuk bersedekah dan beribadah dengan menahan nafsu dan berbuat baik kepada orang lain.

Umat ​​Islam diharapkan berpuasa selama 30 hari, atau sekitar 13 jam sehari. Beberapa minggu menjelang bulan puasa, sebagian besar umat muslim mulai mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan selama puasa Ramadhan. Agar puasa Ramadhan Anda berjalan lancar, yuk mulai dengan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menyambut puasa tahun 2023 dari awal.

Persiapan Puasa Ramadhan 2023

Puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan membutuhkan persiapan mental dan fisik yang baik. Secara mental, kita harus mulai mempersiapkan diri untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dengan hati yang jujur ​​dan ikhlas. Selain menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, kita juga perlu mempersiapkan kebutuhan dan suplai nutrisi tubuh dengan baik. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk persiapan puasa Ramadhan 2023:

Perbanyak Ibadah

Ada baiknya mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sebelum berpuasa. Hal ini dilakukan untuk memohon ampunan dan kebaikan selama berpuasa. Meningkatkan ibadah bukan hanya tentang beribadah lima kali sehari. Ibadah juga dapat diberikan dengan membayar santunan kepada anak yatim piatu yang membutuhkan, menyelenggarakan Jumat yang diberkati dengan mengantarkan makanan ke masjid, dan makanan sahur atau buka puasa dapat dibagikan kepada mereka yang membutuhkan selama puasa.

Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Umat Islam tidak diwajibkan berpuasa saat sakit, haid atau bepergian jauh. Namun, mereka wajib mengganti jumlah jabatan tersebut dengan hari-hari yang belum diambilnya pada bulan-bulan lainnya. Mengadakan Puasa yang tidak dilaksanakan tahun sebelumnya merupakan hal yang penting karena sebagai umat Islam kita harus melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita.

Bangun Pagi

Pada bulan puasa, umat Islam melakukan sahur sebelum berpuasa.Waktu sahur biasanya dimulai sekitar jam 3 pagi atau sebelum matahari terbit. Bangun pagi merupakan salah satu hal yang cukup menyulitkan sebagian besar orang, sehingga banyak dari mereka yang sering melewatkan sahur karena bangun kesiangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan bangun pagi agar tubuh terbiasa bangun pagi agar nanti tidak terlambat untuk sahuru.

Mulai menahan diri

Bulan puasa merupakan bulan suci yang dikenal dengan bulan ampunan.Di bulan yang penuh berkah ini, meski mungkin banyak godaan, akan lebih baik berbuat baik kepada sesama. Godaan itu bisa berupa kemarahan, kecemburuan, dan keinginan untuk membicarakan kejelekan orang lain. Maka mulailah menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik bagi Anda dan biasakan untuk lebih sabar dan tenang.

Olah raga

Olah raga teratur sebelum puasa sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jasmani.Olahraga teratur selama 30 menit sehari dapat membantu keseimbangan tubuh dan mencegah penyakit. Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga stamina, sehingga sangat penting dilakukan sebelum

memasuki bulan suci Ramadhan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Olahraga yang bisa Anda nikmati antara lain bersepeda, yoga, berenang, jogging, dan hiking.

   





Sumber:

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya