Senin, 13 Februari 2023

Kegiatan Pembelajaran Penanaman tanaman Hidroponik Kepada Siswa Sekolah

 

Kegiatan Pembelajaran Penanaman tanaman Hidroponik Kepada Siswa Sekolah


Tanaman Hidroponik 


Hidroponik adalah metode bercocok tanam yang menggunakan air tanpa lahan. Dalam penanaman konvensional dan organik, tanah selalu digunakan sebagai media tanam. Hidroponik adalah metode penanaman yang nyaman karena tidak hanya tanpa tanah, tetapi dapat digunakan dalam berbagai kondisi dan lokasi. Hidroponik dapat dilakukan di halaman belakang, di balkon rumah,  di luar ruangan, atau di luar ruangan di gedung bertingkat.

Metode berkebun  hidroponik kini berkembang pesat di perkotaan. Hal ini tentunya karena hidroponik bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki lahan yang luas dan juga sangat mudah  dilakukan. Metode hidroponik diharapkan menjadi sistem pertanian masa depan, sehingga akan lebih baik untuk memperkenalkan hidroponik  kepada siswa mulai sekarang.

Di bumi Mandiri Sukabumi, kegiatan Hidroponik sudah lama dilakukan dan diperkenalkan kepada siswa sekolah. Untuk bisa melakukan kegiatan hidroponik ini, Bumi Mandiri menyediakan paket petani dengan berbagai jenis kegiatan hanya dengan Rp.50.000 saja. Kegiatan paket petani ini sudah termasuk Pengenalan hidroponik sederhana, Greenhouse, kompos dan kascing.

Selain air sebagai media transportasi nutrisi/pupuk,  media tanam khusus digunakan dalam hidroponik. Media  hidroponik sebagai berikut.

 

 wol mineral

 vermikulit

 spons

 perlit

 tanah liat

 hidroton

 tempurung kelapa

 tempurung bakar

 dan lainnya...

Sebagai cara bercocok tanam yang praktis, hidroponik dapat diajarkan kepada siswa di sekolah. Tanaman hidroponik dapat dikenalkan di sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak. Siswa sekolah dasar dapat belajar cara bercocok tanam secara hidroponik dengan benar. Anak SD belum bisa fokus merawat tanaman, sehingga sebagian besar tanaman hidroponik di sekolah  masih dirawat oleh gurunya. Bagi siswa SMP dan SMA dapat mengajarkan cara merawat tanaman hidroponik dengan benar.

Melalui pengenalan metode bertanam hidroponik diharapkan dapat memberikan kontribusi pendidikan karakter bagi siswa. Siswa yang belajar merawat tanaman akan lebih peduli dengan kelestarian lingkungan sekitarnya. Siswa juga akan belajar  berinteraksi dan  lebih menghargai usaha. Ketika tanaman dapat dipanen, siswa dapat belajar bahwa untuk mencapai hasil yang baik juga diperlukan usaha yang maksimal.


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya