Sabtu, 03 Juni 2023

BUMI MANDIRI- PEMBUATAN TELUR ASIN SEBAGAI BEKAL PESERTA DIDIK UNTUK BERWIRASWASTA

BUMI MANDIRI- PEMBUATAN TELUR ASIN SEBAGAI BEKAL PESERTA DIDIK UNTUK BERWIRASWASTA

Pembuatan Telur Asin oleh SD Percik di Bumi Mandiri Sukabumi

Salah satu bentuk usaha atau ikhtiar adalah  kewajiban bagi pemangku kepentigan pendidikan seperti guru atau pendidik yang senantiasa berinovasi di bidangnya.

Menerapkan aspek pengolahan mata pelajaran prakarya pada siswa di SD PERCIK, seperti yang telah dilakukan Bumi Mandiri Sukabumi yaitu dengan mengajarkan pembuatan telur asin sehingga dapat menambah keterampilan hidup siswa sehari-hari dan dicontohkan untuk bekal wirausaha.

Peran penting kewirausahaan juga dibahas dalam buku karya Buchari Alma berjudul Entrepreneurship. Di dalamnya, ia mengatakan bahwa semakin maju suatu negara, maka semakin penting pula negara tersebut dalam dunia wirausaha. Minat berwirausaha ditandai oleh siswa yang memiliki sikap dan wawasan kewirausahaan. Guru dan sekolah merupakan faktor penting pendorong disiplin kewirausahaan yang praktis dan menarik untuk merangsang minat siswa dalam berwirausaha. Siswa yang berminat berwirausaha akan tertarik pada ilmu atau pengetahuan yang berhubungan dengan minatnya. Semakin siswa tertarik untuk berwirausaha, maka semakin banyak usaha yang dilakukan siswa untuk mencapainya (Buchari Alma, 2007: 7).

Pembuatan Telur Asin oleh SD Percik di Bumi Mandiri Sukabumi

Sebagian besar telur asin adalah telur bebek, namun telur lainnya tidak dikecualikan. Manfaat telur asin antara lain dapat mencegah anemia atau kekurangan darah, menyehatkan mata untuk perkembangan otak, menyehatkan tulang, dan menyehatkan kulit. Telur asin paling enak dimakan dalam waktu satu bulan (30 hari).

Teknik yang digunakan untuk membuat telur asin bisa direbus atau dipanggang. Pada kelas kerajinan mata rantai pengolahan yang penulis gunakan adalah hasil ternak yang mudah didapat yaitu telur. Karena makanan tersebut mengandung banyak nutrisi jika diolah dengan baik

Peserta didik akan melakukan praktik dengan mengirimkan foto dan langkah-langkah praktik atau video pembuatan telur asin. Dengan memahami seluruh proses pembuatan produk telur asin, peserta didik akan memiliki pengalaman yang berharga untuk membuat produk makanan yang berkualitas. Selain itu, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan keterampilannya dalam berpikir kreatif dan inovatif. Semoga pembelajaran ini dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta didik setelah lulus sekolah dan dapat digunakan untuk berwirausaha.

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya