Senin, 22 Mei 2023

STUDI : TUMBUH KEMBANG ANAK TERGANTUNG KUALITAS HUBUNGAN MEREKA DENGAN ORANG TUA

STUDI : TUMBUH KEMBANG ANAK TERGANTUNG KUALITAS HUBUNGAN MEREKA DENGAN ORANG TUA

Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak. Foto: Fimela.com

Penting bagi ayah dan ibu untuk bekerja sama dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Jika ingin anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal, keduanya harus dekat dan memiliki hubungan yang menyenangkan, bahagia, dan penuh kasih sayang.

Studi menunjukkan bahwa hubungan  antara orang tua berdampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Hubungan keduanya juga penting untuk menciptakan kedamaian dan kebahagiaan di hati sang anak.

Ayah Dan Ibu Harus Memiliki Visi Dan Misi Yang Sama

Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak. Foto: Fimela.com

Mengutip liputan6.com: Ayah dan ibu yang telah berperan dalam keluarga, penting untuk tetap memiliki visi dan misi yang sama. Keduanya harus kompak dan menciptakan harmoni yang lebih baik. Orang tua yang bersatu, penuh kasih, dan mengasihi anak-anaknya membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan lebih percaya diri.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang tua yang akrab, suportif, dan bahagia nantinya akan menghasilkan anak yang cerdas.Namun di samping catatan, orang tua ini tidak terlalu memanjakan anak-anak mereka.

Sangat Penting Bagi Orang Tua Menghindari Sikap Saling Menyalahkan

Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak. Foto: Fimela.com

Penting bagi orang tua untuk tidak saling menyalahkan dan mendengarkan keluhan pasangannya, apapun yang mereka katakan, tanpa menghakimi atau menyalahkan satu sama lain.

“Sebagai orang tua, kita harus saling mendukung. Penting bagi kita untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dengan pasangan kita. Hal ini juga memungkinkan anak-anak  merasakan dampak kegembiraan dan kebahagiaan yang kita miliki,” tutur Irma Gustiana seorang sikolog anak dan keluarga yang bertajuk "Parenting era baru".

Peran Ayah Bukan Sekedar Mencari Nafkah 

Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak. Foto: Fimela.com

Padahal, tugas ayah adalah menafkahi kebutuhan keluarga dan mencari uang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Namun, peran seorang ayah bukan hanya tentang mencari uang. Alangkah baiknya jika ia  turut mengawasi tumbuh kembang anaknya, menciptakan suasana kekeluargaan yang bahagia dan membantu  istri memenuhi perannya di rumah.

Presiden PP Himpaudi Prof. DR.Ir Netti Herawati, M.Sc., memaparkan bahwa peran mengasuh dan mengasuh anak bukan hanya  tugas wajib para ibu. Itu adalah kewajiban kedua orang tua. Artinya ayah juga berperan penting dalam pendidikan anak-anaknya.






Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya