Kamis, 11 Mei 2023

SEJARAH OLAHRAGA PANAHAN ATAU ARCHERY

SEJARAH OLAHRAGA PANAHAN ATAU ARCHERY

Ilustrasi olahraga panahan atau archery. Foto: Braun on unsplash/ Bola.Com

Panahan adalah olahraga di mana anak panah ditembakkan dengan busur yang diarahkan ke sasaran pada  jarak tertentu.Memanah membutuhkan stamina, kekuatan dan juga konsentrasi untuk mencapai sasaran dengan akurat.

Panahan  menjadi salah satu  olahraga yang diminati masyarakat dari usia muda hingga dewasa. Pasalnya, memanah merupakan salah satu  olahraga rekreasi yang menyenangkan. Panahan  sangat serbaguna, terutama untuk alasan kesehatan. Jadi panahan tidak hanya  ditemukan di kejuaraan.

Demikian sekilas tentang  panahan. Jika Anda tahu arti memanah, Anda juga harus mempelajari  sejarahnya.Berikut  rangkuman tentang pengertian dan sejarah panahan yang menarik untuk diketahui.

Sejarah Memanah / Archery Secara Umum

Pada awal 100.000 tahun yang lalu, Neanderthal menggunakan busur dan anak panah untuk berburu dan menangkis serangan berbahaya.

Para arkeolog selama penggalian di Mesir juga menemukan jenazah prajurit Mesir kuno yang terbunuh oleh panah. Catatan menunjukkan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar tahun 2100 SM. muncul.

Catatan lain menunjukkan bahwa  busur dan anak panah adalah senjata utama semua negara dan bangsa yang berperang sampai sekitar tahun 1600 Masehi.

Ada dua pendapat tentang sejarah memanah: yang pertama berpendapat bahwa busur dan anak panah telah digunakan dalam peradaban manusia sejak "Zaman Mesolitik"; atau sekitar 5.000 hingga 7.000 tahun yang lalu, sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa memanah sudah ada sebelum masa itu, yaitu pada masa "Palaeolitik" 10.000 hingga 15.000 tahun yang lalu.

Apapun jawaban yang benar, jelaslah bahwa panahan mengalami perkembangan yang panjang sebelum menjadi olahraga  yang kita kenal sekarang.Panahan tidak lagi digunakan sebagai senjata untuk berburu dan berperang. Panahan sudah menjadi  olahraga yang pasti menyehatkan tubuh.

Olahraga ini sangat populer di Inggris pada abad ke-17. Turnamen panahan pertama diadakan di Yorkshire, Inggris pada tahun 1673. Sebuah organisasi panahan didirikan di Inggris pada tahun 1760 dan sejak itu turnamen panahan diadakan setiap tahun. Pada tahun 1844 Kejuaraan Panahan Inggris  pertama diadakan dengan nama GNAS (Grand National Archery Society).






Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya