Senin, 01 Mei 2023

PERBEDAAN SUNSCREEN DAN SUNBLOCK UNTUK LINDUNGI KULIT DARI CUACA PANAS EKTREM

PERBEDAAN SUNSCREEN DAN SUNBLOCK UNTUK LINDUNGI KULIT DARI CUACA PANAS EKTREM

Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Farmaku.com

Suhu panas melanda Asia dan Indonesia pun terkena imbasnya. Gelombang panas pasti menimbulkan berbagai penyakit dan dapat berdampak jangka panjang seperti  kanker kulit akibat paparan sinar UV. BMKG mengimbau  masyarakat untuk tidak menggunakan produk tabir surya untuk melindungi kulitnya.

Ada dua istilah dalam dunia kecantikan yaitu tabir surya dan tabir surya. Jadi apakah ada perbedaan antara keduanya? Simak ulasan berikut ini.

Tabir surya/ sunscreen & sunblock adalah produk perlindungan matahari yang melindungi kulit dari sinar matahari. Meskipun begitu, nyatanya sunscreen dan sunblock memiliki manfaat dan cara kerja masing-masing lho.

Tabir surya/sunscreen:

Ilustrasi Sunscreen. Foto: The New York Times.com

Tabir surya/sunscreen:

Sebelum sinar matahari atau sinar UV masuk dan menembus hingga lapisan kulit, dengan menggunakan sunscreen maka kulit akan terlindung dari sinar UV. Jenis ini biasanya hanya melindungi kulit dari sinar UVB.

Kandungan tabir surya/sunscreen:

Tabir surya mengandung berbagai senyawa kimia yang fungsinya untuk menyerap sinar matahari, seperti oxybenzone atau avobenzone. Namun sayangnya keduanya bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu, tabir surya ini juga memiliki struktur yang tipis dan nyaman digunakan.

Sunblock 

Ilustrasi penggunaan sunblock. Foto: hellosehat.com

Sedangkan sunblock menghalangi dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Bahan-bahannya biasanya mengandung titanium dioksida atau seng oksida, yang secara efektif dapat melindungi kulit dari  sinar UVA dan UVB.

Kandungan dalam sunblock:

Sunblock biasanya mengandung titanium oksida atau seng oksida. Senyawa aktif tersebut menghasilkan konsistensi yang lebih kental, sehingga sunblock cenderung lebih lengket dan terasa tidak nyaman untuk dipakai setiap hari.








Sumber:

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya