Jumat, 28 April 2023

YUK AJAK ANAK BERLIBUR KE WAHANA NATURE SCIENCE

YUK AJAK ANAK BERLIBUR KE WAHANA NATURE SCIENCE

Ilustrasi Bertani. Foto: Inikebumen.com

Agrowisata Bumi Mandiri merupakan rangkaian wisata edukasi dimana peserta  berinteraksi  langsung dengan kegiatan sehari-hari masyarakat Sunda seperti kesenian, pertanian dan kerajinan tangan.

Tujuan ekskursi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ekologi di lingkungan pedesaan yang mencerminkan adat istiadat, pola budaya, kearifan lokal dan kehidupan masyarakat desa  dalam suasana yang menyenangkan.

Selama berwiisata, peserta akan dibimbing oleh fasilitator yang sudah ahli dalam bidang nya, peserta akan mengikuti semua kegiatan yang diberikan seperti bertani, membajak sawah dan membuat kerajinan tangan.

Selain  bertani di swah atau berkebun, kegiatan sehari-hari lain yang biasa dilakukan keluarga desa adalah kegiatan musiman "ngabedahken Balong" (mengumpulkan ikan dari kolam, yang biasanya dilakukan 3 kali dalam setahun).

Selain itu, membuat kerajinan tangan dari bambu, rotan dan mengikuti berbagai kesenian dan permainan tradisional selama di Bumi mandiri merupakan pengalaman dan pembelajaran yang baik bagi keluarga, pelajar dan pengunjung. Terdapat juga kegiatan melukis layang-layang untuk mengembangkan psikomotorik anak. 

Ilustrasi Tangkap Ikan. Foto: Kompassiana.com

Program Nature Science atau lab alam yang ditawarkan di Bumi mandiri diantaranya:

  1. Ekosistem Darat
  2. Ekosistem Air
  3. Indikator Pencemaran Air
  4. Kertas Daur Ulang
  5. Kascing
  6. Kompos
  7. Bio Briket

Semua kegiatan tersebut dilakukan dalam satu hari.

Adapun paket program yang ditujukan untuk perorangan/ keluarga yang berkunjung tanpa pemberitahuan atau booking sebelum nya yaitu program:

  1. Tanam Pada
  2. Lumbung Padi
  3. Tumbuk Padi
  4. Tapi Beras
  5. Tangkap Ikan

Harga nya pun cukup terjangkau untuk melakukan semua kegiatan tersebut, anda membawa anak anda untuk belajar sambil bermain, karena terdapat juga wahana alam alainnya seperti flying fox, archery dan river tubbing yang memacu adrenalin.

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi  hotline bumi mandiri suukabumi di 0266 2226211 atau melalu WhatsApp di 0857-2084-9114.

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya