Selasa, 18 April 2023

TIPS AMAN MENYIMPAN KETUPAT HINGGA 2 MINGGU AGAR TIDAK CEPAT BASI

TIPS AMAN MENYIMPAN KETUPAT HINGGA 2 MINGGU AGAR TIDAK CEPAT BASI

Ilustrasi. Foto: Thinkstock

Dalam rangka menyambut hari besar seperti lebaran, natal dan lain sebagainya, sejumlah hidangan kerap disajikan untuk dikonsumsi bersama keluarga dan teman. Ada beberapa sajian kedua yang identik dengan hari raya ini, seperti kuah tahan, daging panggang, goulash, dll.

Nah, beberapa masakan ini sering ditambahkan ketupat agar lebih istimewa. Diketahui pembuatan ketupat cukup rumit. Namun, jika berhasil membuat ketupat, Anda bisa merasa senang dan bangga.Di sisi lain, orang juga menghindari ketupat karena makanan ini dipercaya cepat busuk. Alasannya, banyak yang tidak tahu cara menyimpan ketupat, sehingga hanya ditaruh di suhu ruangan. Padahal, jika diletakkan seperti ini, apalagi jika ditumpuk satu sama lain, kupat bisa menjadi lembap dan cepat basi. Salah satu akun YouTube Moochies TV Kitchen menyediakan cara mudah untuk mengatasi hal tersebut.

Setelah matang, pastikan ketupat ditiriskan hingga airnya habis. Nah, kamu bisa menyimpannya di suhu ruangan karena bisa bertahan hingga 3 hari asalkan kamu menempatkannya dengan benar. Menurut pemilik akun YouTube Moochies TV Kitchen, ketupat sebaiknya digantung daripada diletakkan di atas piring atau mangkuk agar udara dapat bersirkulasi bebas di dalam kemasan.

Ilustrasi. Foto: Jessicabakery.com

Ada cara lain agar ketupat lebih awet disimpan. Konon, ketupat bisa diletakkan di toples atau mangkuk tertutup lalu didinginkan.Cara penyimpanan ini disebut mampu menjaga berlian dalam kondisi baik hingga 2 minggu. Cara lain yang tak kalah lestari, Ketupat bisa disimpan di freezer. Namun, sebelum disimpan, masukkan ketupat ke dalam toples kedap udara. Tentunya cara ini akan membuat ketupat lebih awet karena dibekukan, sehingga bisa bertahan hingga 3 minggu bahkan 1 bulan.

Nah bagaimana cara menyimpan ketupat di dalam kulkas, tentunya suhu dan tekstur ketupat akan sedikit berubah, sehingga tidak enak jika dimakan langsung setelah dikeluarkan dari kulkas. Untuk melunakkan ketupat kembali, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Bagi yang ada di lemari es, ketupat bisa direbus sebentar sebelum dimakan. Namun berbeda dengan chest freezer.

"Sementara itu, kalau mau makan ketupat yang tertinggal di freezer bisa dicairkan (thaw), tapi lebih baik dimasak lagi," jelas pemilik akun YouTube Moochies TV, dikutip BrilioFood, Sabtu (15/4/2019).

Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan ketupat agar tidak cepat busuk bukan? Ketika Anda menonton unduhan YouTube Moochies TV Kitchen, banyak netizen mengatakan bahwa metode ini membantu Anda. Meski tak mendapat banyak komentar, video ini tetap mendapat lebih dari 11.000 view dan view.

 







Sumber:



Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya