Jumat, 21 April 2023

SEBUAH MAKNA HARI KARTINI BAGI PEREMPUAN INDONESIA

SEBUAH MAKNA HARI KARTINI BAGI PEREMPUAN INDONESIA

Makna Hari Kartini Bagi Perempuan Indonesia. Foto: Solopos.com

Tanggal 21 April merupakan momen spesial bagi wanita Indonesia. Pada hari inilah Hari Kartin dirayakan setiap tahun. Peringatan Hari Kartin merupakan hari yang didedikasikan untuk Raden Ajeng Kartin Djojo Adhiningrat alias R.A Kartin, seorang pahlawan wanita dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah, perempuan ini dikenal sebagai pelopor kesetaraan perempuan dan laki-laki di Indonesia

Dengan segala sumbangsihnya bagi emansipasi wanita Indonesia, Kartin bisa dikatakan sebagai sosok masa lalu yang modern, watak dan kisahnya patut dikenang dan diketahui oleh wanita Indonesia. Kecerdasan dan keberanian Kartini membuatnya menjadi wanita yang disegani. Hasil pemikiran, perlawanan dan perjuangan masa lalunya tidak lekang oleh waktu. Bahkan, bisa meninggalkan makna yang kuat bagi wanita masa kini.

Dahulu perempuan merupakan kasta terendah yang kerap kali di injak-injak mental dan fisik nya. Namun berkat Kartin, perempuan masa kini memiliki kesetaraan untuk berkarya secara bebas, mengungkapkan impiannya, mewujudkan ide kreatifnya, menyalurkan bakatnya, bergerak, mengungkapkan pemikirannya yang bermanfaat di segala bidang. Perempuan bisa melawan stereotipe bahwa perempuan tidak perlu berada di rumah menjadi ibu rumah tangga dan berkelut di dapur. Namun, perempuan juga bisa mencita-citakan cita-cita tinggi pendidikan, pekerjaan dan lainnya. Dalam hal pekerjaan, wanita saat ini dapat bekerja di berbagai bidang. Misalnya, masyarakat saat ini tidak asing dengan banyak tokoh perempuan yang terlibat dalam mempromosikan bisnis, pemerintahan. Status tersebut menunjukkan bahwa banyak perempuan berkualitas yang mampu bersaing.

Karena ada banyak bukti bahwa perempuan telah mencapai status yang setara dengan laki-laki dalam masyarakat, perempuan saat ini perlu merasa percaya diri dan aman bahwa mereka memiliki status dan kemampuan yang sebanding atau bahkan setara dengan laki-laki. Wanita masa kini adalah wanita dengan semangat juang yang tinggi, percaya diri, percaya diri dengan kemampuan dan prinsip hidup yang kuat. Saat ini dan dengan kemajuan teknologi saat ini, tampaknya tidak ada tembok yang tidak dapat dijangkau oleh wanita.

Setiap orang bisa memaknai Hari Kartin secara berbeda-beda. Pada dasarnya, Hari Kartin adalah pengingat bagi para wanita untuk selalu bersinar, percaya diri dan pantang menyerah untuk mengejar impian dan cita-cita. Dengan melakukan hal-hal yang positif dan selalu menggali pemberdayaan diri dalam bidangnya, maka perlu untuk selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas seorang wanita. Jadi temukan hal yang paling kita sukai dan lakukan sesering mungkin. Jika Anda telah menciptakan rasa percaya diri di awal, lebih mudah untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih positif untuk mencapai hasil yang positif.

Selamat merayakan Hari Kartini 2023, semoga perayaan Hari Kartini tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang tidak hanya fokus merayakan aksi, tapi kita bisa menciptakan karakter-karakter Kartini baru yang bisa menginspirasi seperti Ny. R.A. Kartini. Jangan biarkan perjuangan Kartin berhenti di situ. Mari terus berkarya dan saling mendukung!






Sumber:

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya