Kamis, 06 April 2023

INGIN TETAP MINDFUL DAN HAPPY SAAT BERPUASA? INI DIA 4 TIPS NYA

INGIN TETAP MINDFUL DAN HAPPY SAAT BERPUASA? INI DIA 4 TIPS NYA

Tips tetap mindful dan happy saat berpuasa. Foto: Theasianparent

Ramadan adalah bulan di mana umat Islam menjalankan kewajibannya, yaitu berpuasa. Tentu banyak tantangan yang harus dihadapi baik secara fisik maupun psikis. Puasa tidak hanya menghentikan rasa lapar dan haus, tetapi juga menghentikan emosi. Ketika tubuh kekurangan makanan dan minuman, pengendalian diri menderita, sehingga tidak mengherankan jika Anda menjadi lebih emosional.

Oleh karena itu penting untuk menjaga kesabaran dan humor yang baik dalam menghadapi berbagai cobaan bulan Ramadhan, saat puasa atau perut kosong dan haus.

"sebaiknya kita menyambut bulan suci ramadhan ini dengan keceriaan dan kebahagiaan" kata Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia dalam acara world hapinness day 20 maret lalu.

Stress Management Indonesia menawarkan cara-cara berikut untuk tetap mindful dan happy selama bulan bulan suci Ramadhan :

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup. Foto: NU online jatim.com

Istirahat adalah kunci untuk tetap sehat dan fokus pada aktivitas sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa istirahat 6-7 jam dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental lebih stabil. Selain itu, untuk memastikan kualitas tidur yang baik, pastikan tempat tidur Anda bersih karena tempat tidur yang kotor dapat membuat Anda kotor. Pikirkan jadwal istirahat yang ideal untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan usahakan tidur larut malam agar tidak kesiangan saat akan sahur.

Asupan makanan bergizi saat sahur

Asupan makanan bergizi saat sahur. Foto: Detik.com

Selama Sahur seseorang harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Seperti makanan tinggi protein dan serat, karena keduanya adalah nutrisi penting yang dapat membuat Anda kenyang dan membuat Anda tidak cepat merasa lapar. Selama ini, saat sahur dan saat puasa, makanan tinggi lemak jenuh sebaiknya dihindari. Stress Management punya resep Sahur dan Fast Food yang enak dan bergizi untuk kamu coba dan cek di Instagram mereka.

Journaling 

Melakukan journaling. Foto: Canon.co.uk

Tentu saja, saat Anda berpuasa, Anda harus mengungkapkan perasaan dan keluhan Anda tanpa menyakiti perasaan orang lain dan tanpa membatalkan puasa Anda. Maka dari itu, membuat jurnal bisa menjadi solusi yang tepat untuk menenangkan emosi saat berpuasa karena bisa menjadi tempat menuliskan ketidaknyamanan agar emosi bisa mereda tanpa menyakiti orang lain.

Membuat jurnal juga bisa menjadi cara introspeksi diri agar Anda bisa belajar bagaimana menjaga kewarasan Anda dengan lebih baik. Stress Management Indonesia menawarkan Buku self love dan happier you circle journaling untuk membantu Anda membuat jurnal dengan tenang dan merefleksikan diri agar lebih bahagia.

Menggunakan waktu luang sebaik-baik nya

Memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin. Foto: Pustaka guru

Waktu luang atau menganggur harus digunakan sebanyak mungkin, misal dengan terlibat dalam aktivitas yang Anda sukai atau menemukan hal-hal baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, Anda juga bisa menekuni hobi seperti menulis, melukis, mendengarkan musik, bermain video game, dan aktivitas lainnya. Ketika Anda melakukan aktivitas yang berbeda, waktu terasa lebih cepat karena otak terfokus pada aktivitas yang Anda lakukan.

Selama bulan Ramadhan, Anda bisa melakukan pekerjaan amal dan memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya untuk kesejahteraan Anda sendiri misalnya, hidup sehat, tetap bahagia saat berpuasa, dan rajin beramal.





Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya