Sabtu, 18 Maret 2023

REKOMENDASI TEMPAT BERBURU TAKJIL DI SUKABUMI

REKOMENDASI TEMPAT BERBURU TAKJIL DI SUKABUMI

Rekomendasi Tempat Berburu Takjil

Tradisi takjil yang sangat populer di bulan Ramadan ini dimaknai sebagai sajian berbuka puasa di antara makanan manis dan minuman untuk dikonsumsi sebelum beralih ke menu utama. berdarkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil berarti berbuka dengan cepat. Hal ini sesuai dengan akar kata bahasa Arab, yaitu ajila atau tergesa-gesa. Jadi, arti dari Ta'jil/Takjil adalah berbuka puasa dengan makanan dan minuman pembuka.

Menurut tradisi, kurma sebaiknya dimakan terlebih dahulu sebagai makanan pembuka, karena kurma memiliki banyak manfaat selain rasanya yang manis. Bisa jadi asal kata takjil adalah karena orang Arab berbuka puasa dengan kurma. Oleh karena itu kurma dianggap sebagai salah satu jenis takjil yang kemudian dijadikan makanan ringan dan minuman untuk mengawali buka puasa.

Menurut KBBI, iftar adalah kata benda yang berarti buka puasa. Setelah azan magrib berkumandang, umat Islam berbuka puasa dengan makan malam.Terlihat bahwa telah terjadi perubahan makna dalam penggunaan kata takjil. Apalagi jika istilah yang digunakan adalah menu utama (buka puasa).

Di indoensia sendiri menu takjil sering di temukan di pinggir-pinggir jalan, alun-alun kota dan pusat hiburan atau pameran. Untuk daerah Sukabumi sendiri di setiap kampung nya akan selalu ada yang berjualan takjil. Oleh karena itu, berikut rokemendasi tempat untuk berburu takjil di beberapa wilayah di Sukabumi. 

Jalur Pedestrian Dago

Berburu Takjil di Dago Sukabumi. Foto : Lingkarpena

Jalan setapak di Jalan Ir. H. Juanda atau yang lebih dikenal dengan Jalan Dago Kota Sukabumi saat bulan Ramadan merupakan tempat yang sering dikunjungi warga sekitar. Di sinilah penduduk setempat menghabiskan sore hari menunggu saat berbuka puasa atau ngabuburit.

Penduduk setempat juga bisa mendapatkan berbagai makanan dari warung di sepanjang sisi barat Jalan Dago. warga yang Ngabuburit dapat memilih makanan untuk berbuka atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Banyak varian kuliner yang ditawarkan dengan rasa dan kelezatan yang berbeda. Harga terjangkau untuk ukuran saku kebanyakan sukabumi.

Makanan yang ditawarkan pedagang di sini antara lain ayam goreng, es campur, bubur sumsum, gorengan, sop buah, buah, seblak, cireng, martabak mini, molen, somay, dimsum dan masih banyak lagi.

Melalui kegiatan pasar makanan atau pasar kuliner Ramadhan, banyak masyarakat setempat mendapatkan berkah seperti pengamen dan tukang parkir. tukang parkir sangat sibuk melayani pemilik kendaraan yang datang dan pergi dari zona pejalan kaki, yang mengartikan ada rezeki bagi pengamen dan tukang parkir juga.

Alun-alun Pelabuhan Ratu

Berburu di Alun-alun Pelabuhan Ratu. Foto: Istimewa/Jabarekspres

Sedangkan untuk ngabuburit, pantai tetap menjadi satu-satunya tempat andalan untuk menunggu momen buka puasa di kawasan pesisir Teluk Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Namun untuk aneka takjil atau jajanan buka puasa di Alun-alun Palabuhanratu, ini mungkin bisa menjadi pilihan jika sedang berada di Palabuhanratu.

Berburu takjil di Lapangan Palabuhanratu memang ada serunya. Dari penyerbuan hingga perebutan “sejuta umat” yakni digoreng, telat sedikit saja jangan harap anda kebagian tempe, bala-bala, bakwan yang langsung di goreng mendadak.

Selain gorengan, masih banyak makanan lain yang tersedia di alun-alun Jalan Siliwangi Palabuhanratu ini yaitu cakwe, cilok, cilor empek-empek, mi leor, candil labu hingga kolak pisang. Selain itu, minuman dingin juga tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa, mulai dari teh poci segar, es limun, es buah, sirup dan lain-lain.

Kadang-kadang terdengar melalui pengeras suara Masjid Agung Pelabuhan Ratu untuk memperingati sisa waktu untuk berbuka. Matahari mulai memerah dan perlahan bersembunyi di balik masjid agung.

Bumi Mandiri Sukabumi

Berburu takjil di Bumi Mandiri Sukabumi. Foto: kabarbumn

Untuk kalian yang ingin menikmati suasan alam pedesaan, asri nan sejuk Bumi Mandiri adalah jawaban nya. Bumi Mandiri merupakan tempat agro wisata yang berada di jalan kadudampit No.KM 6, Kadudampit, Kec. Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Selain menjadi tempat agrowisata, Bumi Mandiri Sukabumi menyediakan berbagai kegiatan selama bulan ramadhan ini, kegiatan yang di suguhkan berupa Ramadhan Camp, Bazar Ramadhan, Buka Bersama (Bukber) , ngabuburit dan live musik.

Bagi kalian yang mau berburu takjil kalian bisa langsung datang ke Bumi Mandiri sukabumi, aneka makanan takjil yang disediakan bermacam-macam lho, muali dari minuman segar, gorengan, makanan ringan, cemilan dan masih banyak lagi. Aneka takjil yang di ada di Bumi Mandiri merupakan UMKM masyarakat setempat, oleh karena itu rasa yang ditawarkan sesuai dengan lidah orang sukabumi yang di jamin ke khas an makanan nya.

Selain dapat berburu takjil, disini kalian bisa ngabuburit dengan memancing, yang nantinya hasil pancingan ikan kalian akan di timbang untuk di sesuaikan harga nyaa, atau bisa langsung di tukar dengan masakan ikan yang sudah matang loh.

Nah jadi bagaimana tertarik bukan? Yuk ajak saudara, teman, besti dan pasangan kamu untuk berburu takjil di Bumi Mandiri Sukabumi. 










Sumber:



 

 


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya