Rabu, 22 Maret 2023

EDU-AGROWISATA, PENANAMAN KANGKUNG SECARA HIDROPONIK OLEH BUMI MANDIRI SUKABUMI

EDU-AGROWISATA, PENANAMAN KANGKUNG SECARA HIDROPONIK OLEH BUMI MANDIRI SUKABUMI

Penanaman Hidroponik Kangkung at Bumi Mandiri Sukabumi

Kangkung merupakan sayuran yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, apalagi saat ini sudah banyak tersedia di pasaran sehingga mudah bagi siapa saja untuk membelinya, selain itu kangkung memiliki banyak manfaat dan rasanya yang enak saat dimasak.

Sangat mudah menanam kangkung menggunakan sistem tanam organik atau hidroponik. Menanam dengan teknik hidroponik ini dapat mempercepat waktu panen, menjadikan tanaman yang kita tanam berkualitas baik dan lebih higienis.

Menanam kangkung secara hidroponik ini, sebaiknya harus diajarkan kepada semua orang termasuk anak-anak. Oleh karena itu, Bumi Mandiri menyediakan paket petani bagia anak-anak yang ingin mengetahui tentang tanaman hidroponik ini. Bumi Mandiri menyediakan edu-agrowisata yaitu berupa paket petani yang hanya di bandrol Rp.50,000 rupiah saja.

Disini anak-anak akan di ajarkan berbagai pembelajaran seperti, pengenalan hidroponik sederhana, kompos, kascing dan juga mengujungi area green house. Selain mendapatkan pembelajaran, anak-anak juga sudah didampingi oleh fasilitator yang siap untuk membimbing mereka.

Berikut Untuk alat dan bahan penanaman hidroponik kangkung:

  1. Siapkan pipa Paralon diameter 2,3 /3 inci sesuai kebutuhan.
  2. Siapkan Mesin bor untuk melubangi pipa paralon
  3. Siapkan Penyambung paralon berupa L dan T
  4. Siapkan Net Pot sumbu & Rocwol

Penanaman Hidroponik kangkung 

Cara Membuat / Merakit

  1. Tentukan terlebih dahulu diameter lubang peralon yang ingin dibuat. Misalnya, jika Anda ingin memalu 20 lubang dari 4 buah pipa perralon, Anda harus mengukurnya terlebih dahulu dan mengatur jarak antar lubang. Fungsinya untuk mengembangkan tanaman agar tidak tergerus oleh tanaman lain.
  2. Bor lubang dengan diameter yang ditentukan.
  3. Lalu langkah selanjutnya perakitan peralon utama , sambungan T & L yang sebelumnya sudah dipersiapkan dengan bentuk yang sesuai keinginan kita. kalau sudah , pasanglahsumbu & peralatan lain yang diperlukan untuk penanaman hidroponik ini.
  4. Pemilihan Benih Mengingat faktor genetik sangat berpengaruh terhadap kualitas tanaman, maka pemilihan bibit tanaman menjadi sangat penting. Pilih benih berkualitas baik yang sudah tersedia secara komersial, sebaiknya untuk pemilihan benih tanaman, pilih benih berkualitas sangat tinggi atau benih kubis yang ideal.
  5. Benih yang baik pada umumnya memiliki ciri-ciri pertumbuhan yang tidak mudah diasosiasikan dengan pembungaan, pertumbuhan serentak, tidak merambat, dan pengumpulan dengan cara sampling. Pemilihan bibit kubis yang berkualitas akan meningkatkan keberhasilan penanaman anda.

Tips penyemaian kangkung hidroponik

Tips menanam dengan menyemai benih langsung ke substrat rockwool:

  1. Dengan menggunakan pisau atau gergaji besi, potong rockwool menjadi kotak-kotak berukuran 2,5 cm. Basahi atau rendam rockwool dalam air baku stik 5 lubang sampai basah.
  2. Kemudian lubang itu diisi dengan biji kol, tiap lubang diisi satu biji, kemudian sebongkah rockwool diisi lima biji kol jika diletakkan di tempat yang cukup sinar matahari.
  3. Jangan lupa jaga kelembaban mineral wool, sirami benih agar substrat tidak mengering.

Penyediaan unsur hara / pemberian nutrisi

Kebutuhan unsur hara (nutrisi) tanaman kubis tidak jauh berbeda dengan tanaman hidroponik lainnya,

disarankan menggunakan pupuk AB Mix.

cara penggunaannya:

Siapkan semua air yang dibutuhkan dengan perbandingan 1 : 5 : 5 yaitu, satu liter air : 5 ml A : 5 ml B. Setelah menambahkan antara 3 bahan di atas segera campur rata. Media tersebut kemudian siap digunakan pada berbagai jenis tanaman hidroponik. dan di ukur untuk perbandingan.

Pemeliharaan

Ada tahap ini kita tinggal mengecek, memperhatikan kebutuhan nutrisi tanaman kubis dan mencegah tanaman agartidak ada yang tidak menerima nutrisi, karena dengan bantuan selang, siklus air akan terus berputar sehingga nutrisi tetap tercampur. Pada saat tanaman berumur dua minggu, jumlah larutan nutrisi akan meningkat dari semula 5ml per liter menjadi 6-9ml per liter dan jika tanah berbau busuk sebaiknya segera diganti. Lakukan ini sampai waktu panen.

Masa-masa panen

kangkung sudah bisa dipanen setelah 21-25 hari Caranya terbagi menjadi dua cara yaitu langsung mencabut dengan akar atau memotong 2/3 batangnya, jika tanaman kangkung hidroponik tidak segera dipanen, dapat membuat rasa pahit pada daun dan batang tanaman.

 

Dengan teknik budidaya kangkung hidroponik ini, waktu panen dapat dipercepat, dan juga tanaman yang kita tanam berkualitas baik dan lebih higienis.







Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya