Kamis, 30 Maret 2023

4 CARA SEHAT MENJALANKAN PUASA AGAR TETAP FIT

4 CARA SEHAT MENJALANKAN PUASA AGAR TETAP FIT

4 cara sehat menjalankan puasa agar tetap fit. Foto: Pexels/gabbk/popmama.com

Tentu saja, kebanyakan dari kita mengalami dehidrasi selama puasa Ramadhan karena harus menahan diri dari makan dan minum sepanjang hari. Keinginan bangun pagi untuk sahur, kurang tidur dan dehidrasi semua bisa menyebabkan sakit kepala.

Agar puasa di bulan Ramadhan tahun ini bisa berjalan lancar, tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal agar puasa sehat. Penasaran? simak tips berikut ini.

Tidak Melewatkan Waktu Sahur 

Tidak melewatkan waktu sahur. Foto:Suara.com

Seperti yang mereka katakan, sarapan di pagi hari itu penting. Yah, Sahur tidak terkecuali, meskipun melewatkan Sahur untuk tidur tanpa gangguan mungkin terdengar menggoda, Anda tidak seharusnya melakukannya.

Melewatkan sahur meningkatkan durasi puasa karena tubuh membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi selama puasa. Karena periode puasa yang lebih lama, Anda cenderung merasa kehausan dan perut keroncongan di siang hari. Melewatkan waktu sahur juga menyebabkan makan berlebih saat berbuka, akibatnya berat badan naik secara tidak sehat.

Tidak Makan Berbebih Ketika Berbuka

Tidak makan berlebihan ketika berbuka. Foto: Voi.id

Sama seperti melewatkan suhur yang tidak dianjurkan, makan terlalu banyak saat berbuka puasa bisa berbahaya bagi tubuh. Secara khusus, makan berlebihan dan mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Perlambat dan nikmati setiap gigitan.

Hindarilah Makanan Gula, Asin dan Gorengan 

Hindarilah makanan gula, asin dan gorengan. Foto:Instagram/Susanmullyani/Lifestyle.okezone.com

Tidak jarang orang yang berpuasa menghadiahi diri dengan makanan yang enak dan nikmat, seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya. Gorengan akan memberikan rasa kenyang yang sebentar, dan juga jika terlalu berlebihan memakan gorengan ini, puasa di hari esok akan lebih terasa sukar.

Selain kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula juga bisa memicu kelesuan dan kelelahan. Saat sahur sangat dianjurkan untuk membatasi asupan garam karena akan menyebabkan rasa haus pada saat berpuasa nanti.

Sebaliknya, cobalah makan makanan dari semua kelompok makanan utama, termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran, nasi dan penggantinya, serta daging dan penggantinya. Makanan karbohidrat selama bulan ramadhan akan di cerna secara ideal oleh tubuh kita dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Meminum Air Putih Sebanyak Mungkin 

Meminum air putih sebabanyak mungkin. Foto: Net/ist/harapanrakyat.com

Minum air sebanyak mungkin pada saat sahur dan berbuka puasa untuk mengurangi risiko dehidrasi selama puasa. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas sehari saat sahur dan berbuka. Cairan termasuk jus, susu, minuman, dan sup, tetapi air adalah pilihan terbaik Anda. Sebaiknya batasi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola karena bersifat diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

Jangan lewatkan waktu sahur ya sobat sebelum puasa karena itu sangat penting. Perhatikan juga makanan yang Anda makan saat sahur dan berbuka puasa.










Sumber:

Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya