Rabu, 15 Februari 2023

Botram lebih Simpel Hanya di Bumi Mandiri

 Botram lebih Simpel Hanya di Bumi Mandiri

Botram Termurah Di Bumi Mandiri

Makan sendiri. Padahal, tradisi Ngabotram sendiri umumnya selalu dengan lauk pauk sekadarnya saja. Apalagi jika proses memasaknya berlangsung bersamaan. Berbeda dengan makanan Botram atau makan bersama sanak saudara atau keluarga merupakan istilah yang dikenal masyarakat Sunda. Asal usul kata botram sebenarnya sangat sulit untuk ditentukan karena bahkan beberapa referensi masih memiliki devinisi yang kurang jelas.

Ada kemungkinan kata botram sebenarnya dimasukkan ke dalam bahasa asing. Kata yang paling dekat dengan  botram adalah boterham, yang berasal dari bahasa Belanda yang berarti sandwich. Mungkin orang Sunda  salah mengartikan konsep ini.

Namun seiring berjalannya waktu, kata botram masih digunakan untuk makan bersama di  tempat yang sama dengan konsep masak bersama, sehingga hampir identik dengan istilah bancakan. Ya, mungkin Bancakan dan Botram adalah kegiatan kuliner dengan lauk pauk khas sunda.

Biasanya ketika Botram, Suku Sunda atau mungkin orang lain mengikuti mereka, mereka selalu menggunakan alas daun pisang yang panjang untuk dibubuhi bumbu yang berbeda bersama dengan nasi. Dan secara tradisional, nasi yang disajikan biasanya adalah nasi liwet versi sunda. Nasi liwet  mirip  nasi uduk tapi putih dan enak. Bagaimanapun, disarankan untuk makan bersama.

Meskipun makanan nya hanya sederhana, namun karena makanan tersebut dimakan bersama teman, rasanya akan  berbeda dengan besar di restoran, botram selalu dilakukan dengan cara duduk dilantai atau lesehan. 

Menu Botram Bumi Mandiri

Tradisi Botram ini  dapat dilakukan di mana saja,  di rumah dan di perjalanan. Di rumah, botram biasanya dimakan bersama di teras rumah untuk berbaur dengan udara segar yang menambah nafsu makan. Saat Lebaran atau hari libur tiba, masyarakat Sunda tidak akan melewatkan tradisi botram ini.

Botram akan lebih berbeda lagi rasanya bila dilakukan di luar rumah, misalnya di lesehan, di tempat alam terbuka, di pinggir pantai atau danau dan masih banyak lagi. Salah satu tempat rekomended untuk botram salah satunya berada di Bumi Mandiri Sukabumi,disini kalian bisa botram dengan suasana yang sejuk, udara yang segar dan angin sepoi-sepoi, selain tempat nya yang cocok untuk kumpul bersama orang tercinta, harga paket botram yang ditawarkan pun cukup terjangkau,hanya dengan 35 ribu rupiah saja kalian sudah bisa menikmati hidangan botram super lengkap dan lezat, tidak usah repot-repot mempersiapkan segalanya, dengan harga yang sehemat itu kalian mendapatkan makanan yang enak dan tempat yang nyaman.


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya