Rabu, 17 Mei 2023

TIMNAS INDONESIA BERHASIL RAIH PIALA EMAS PADA FINAL SEA GAMES 2023, KEMENAGAN SETELAH 32 TAHUN!

TIMNAS INDONESIA BERHASIL RAIH PIALA EMAS PADA FINAL SEA GAMES 2023, KEMENAGAN SETELAH 32 TAHUN!

Sea Games 2023. Foto: Bola.net

Tim Indonesia U-22 menuntaskan perjalanannya di SEA Games 2023 dengan hasil yang meyakinkan. Garuda Nusantara  mengalahkan tim Thailand U22 5-2 di final.

Ramadhan Sananta mencetak dua gol untuk Indonesia di babak pertama. Thailand  menyamakan kedudukan di babak kedua dengan gol dari Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham. Pada akhirnya Timnas Indonesia berhasil mencetak tiga gol saat perpanjangan waktu permainan.

SEA Games 2023,  Indonesia vs Thailand Timnas: Hasil 5-2 (A.E.T)  Indonesia vs Tim Thailand: Hasil 5-2 (A.E.T.)E.T) Tim

Indonesia U-22 merayakan gol ke gawang Thailand U-22 pada final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Selasa 16 Mei 2023 WIB malam. (c) Bola.net/Abdul Aziz

Timnas Indonesia U22 menuntaskan perjalanan menuju SEA Games 2023 dengan hasil yang meyakinkan.Garuda Nusantara  mengalahkan tim Thailand U22 5-2 di final.

Babak Pertama

Sea Games 2023. Foto: Bola.net

Ramadhan Sananta mencetak dua gol untuk Indonesia di babak pertama. Thailand  menyamakan kedudukan di babak kedua dengan gol dari Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham. Indonesia berhasil mencetak tiga gol melalui gol  Fajar Fatur Rahman, beckham putra dan irfan jauhari fajar.

Garuda Nusantara langsung mengambil inisiatif di Stadion Olimpiade Phnom Phen dan menjadi yang pertama menyerang. Sejak awal pertandingan, anak asuh Indra Sjafri sudah memberikan segalanya.

Thailand sendiri terbilang terkejar oleh permainan Indonesia. Oleh karena itu, tim War Elephant lebih memilih melakukan serangan balik.

Di menit ketujuh, serangan balik Thailand mempersulit situasi Indonesia, kiper Indonesia Ernando Ari harus keluar dari slot untuk menahan gerakan peoiphimai.Karena golnya meleset, Ernesto mendapat kartu kuning dari wasit.

Pada menit ke-21, tim Indonesia berhasil meredakan situasi. Setelah mendapat umpan panjang dari  Alfeandra Dewanggi, Ramadhan Sananta berhasil menyundul bola  dan dengan mudah membentur bek Thailand itu, mengirim bola  ke gawang lawan. Skor 1-0 berubah menguntungkan Indonesia. Thailand memberikan reaksinya terhadap hol sananta ini.  Anak asuh Issara Sritaro  langsung meningkatkan intensitas serangannya.

Thailand memang menciptakan peluang  bagus. Namun, koordinasi antar penyerang mereka tidak berjalan dengan baik, sehingga peluang terbuang percuma.

Meski terluka, Garuda Nusantara mampu memperpanjang keunggulannya. Setelah menerima umpan panjang dari Rizky Ridholt, Ramadhan Sanat melakukan tembakan spekulatif yang dibelokkan oleh dua bek Thailand dan bola masuk ke gawang. Babak pertama pertandingan berakhir 2-0.

Babak Kedua

Sea Games 2023. Foto: Bola.net

Thailand memimpin 2-0 di babak pertama dan tampil agresif di  babak kedua. Tim War Elephant langsung berakselerasi untuk memperkecil posisi mereka.

Pada menit ke-51, Thailand mengancam lewat tembakan Suvannaseat, namun Ernando langsung berhasil menyelamatkan bola dan mengamankan gawang Indonesia.

Thailand benar-benar menimbulkan masalah bagi Indonesia. Akibatnya, Marselino Ferdinan dan lainnya hanya bisa menggunakan serangan balik untuk menebar ancaman.

Upaya konstan Thailand  membuahkan hasil di menit ke-65. Usai sepak pojok, bola berhasil ditangkap Anan Yongsangwal dengan sundulan dan bola mendarat di gawang Indonesia. Posisi telah diubah menjadi 2:1. Gol ini memicu perlawanan di Indonesia. Garuda Nusantara mulai melobi di Thailand.

Pada menit ke-79, Indonesia nyaris unggul berkat tendangan bebas Marselino Ferdinan. Sayangnya, penjaga gawang Thailand Sponwit Rakyart berhasil melepaskan tembakan terukur.

Serangan balik Indonesia nyaris mencetak gol di menit ke-84. Sayang, sepakan Irfan Jauhari masih membentur gawang Thailand. Saat menit ke-89, serangan balik Indonesia kembali mengancam Thailand, Witan Sulaeman nyaris mencetak gol, namun Rakyart keluar dari slot dan memblok bola.

Timnas Thailand menyamakan kedudukan di detik-detik akhir waktu tambahan. Berkat tendangan bebas, Yotsakon Burapham berhasil mengelak dari gawang bek Indonesia dan mengalahkan Ernando.   Babak kedua berakhir  2:2 dan permainan berlanjut ke perpanjangan waktu

Babak Tambahan Waktu 

Sea Games 2023. Foto: Bola.net

Di perpanjangan waktu, tim U22 Indonesia  langsung menginjak pedal gas. Tak lama berselang, Garuda Nusantara kembali memimpin dengan skor 3-2.

Saat turun minum, Irfan Jauhari berhasil menghindari blok bek Thailand dan mencetak gol Thailand setelah menyadari posisi kiper Thailand agak terlalu jauh ke depan. Skor  menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia.

Pelatih Indonesia resah usai gol tersebut.Perkelahian pun terjadi antara beberapa pihak, sehingga aparat keamanan harus memisahkan kedua belah pihak. Pada akhirnya wasit memberikan kartu merah nya kepada pelatih Indonesia dan dua pelatih Thailand.

Setelah syarat dicabut, pertandingan  dilanjutkan. Setelah berselang beberapa menit Jonathan mendapatkan kartu kuning untuk yang kedua kalinya yang mengakibatkan Thailand harus bermain dengan 9 pemain.

Indonesia tidak lagi membuang-buang pemain, tekanan demi tekanan terus bergantian, tapi di akhir lembur pertama  masih 3:2.  Memasuki babak  kedua, Indonesia memberikan dorongan baru. Garuda Nusantara memanfaatkan banyaknya pemain dan menyerang pertahanan Thailand.

Indonesia menang 4-2 hanya dalam waktu dua menit.Fajar mengambil bola yang di umpan dari ilham dan Fajar meng-golkan nya ke gawang lawan. Skor bertambah menjadi 4-2 untuk keunggulan Indonesia.

Timnas Thailand harus bermain dengan delapan pemain. Bo Anan Yongsawal menerima kartu kuning kedua.Dengan satu menit tersisa, tim Indonesia semakin memperlebar keunggulannya. Beckham Putra berhasil mencetak gol setelah sepakannya meleset dari kiper cadangan Thailand. Itu 5-2 dan Indonesia memenangkan pertarungan itu.

Akhiri Penantian Panjang

Sea Games 2023. Foto: Bola.net

Kesuksesan timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 mengakhiri keinginan lama tim Garuda.Sudah lama Indonesia menjuarai SEA Games  1991  32 tahun.

Sebelumnya Indoneisa sempat tiga kali mencapai babak final, yakni pada  2011, 2013 & 2019. Sayangnya, Indonesia kalah dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam di tiga edisi tersebut.Ini juga merupakan medali emas ketiga sepak bola Indonesia di  SEA Games setelah  1987 & 1991.




Sumber:


Baca Juga

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya